BAHASA INDONESIA 2Di Susun Oleh     :Citra Quintiara Indah

BAHASA INDONESIA 2

Di Susun Oleh     :

  • Citra Quintiara Indah (11110616)
  • Ferry Arriyadi (12110754)
  • Siti Sarah Amaliani (16110619)

Kelas                    : 3KA08

Tugas Bahasa Indonesia 2 # (Tugas Ke-3)

 

1)      Mengapa Fungsi Komunikasi Bahasa disebut Fungsi Dasar ? Mengapa pula disebut Fungsi Utama ?

 

Jawab : Karena Bahasa adalah kapasitas khusus yang ada pada manusia untuk memperoleh dan menggunakan sistem komunikasi yang kompleks, dan sebuah bahasa adalah contoh spesifik dari sistem tersebut.

 

2)      Sebutkan 3 Contoh alat komunikasi Sosial yang bukan Bahasa, dan jelaskan Fungsinya !

 

Jawab : Tulisan : untuk menyampaikan curahan penulis yang tertuang di dalam tulisannya, sehingga para pembaca dapat mengerti maksud penulis membuat tulisan tersebut.

Musik : untuk mengekspresikan nada-nada atau irama yang ada didalamnya sehingga sampai ke telinga pendengar dan menangkap maknanya.

Lukisan : untuk mengekpresikan apa yang pelukis rasakan, dan menyampaikannya kepada para penikmat lukisan.

3)      Bahasa Indonesia mempunyai 4 Definisi, yaitu Definisi Nominal, Formal, Operasional, dan Luas. Jelaskan 4 jenis Definisi tersebut dan Tuangkan Jawabannya dalam sebuah teks dengan Topik Teknologi Informasi/yang terkait dengan bidang studi kalian. Tulisan dibuat secara singkat dan jelas !

Jawab :

A)  DEFINISI NOMINAL
Definisi ini biasa digunakan dalam kamus. Dalam definisi ini suatu kata dibatasi dengan kata lain yang merupakan sinonimnya (padanan), dan dengan terjemahannya atau menunjukkan asal katanya (etimologi).

Contoh :
a. Badut ialah pelawak.
b. Ikan dalam Bahasa Inggris disebut fish.

B) DEFINISI FORMAL
Definisi formal terdiri dari ruas atau bagian yaitu :
– Definiendum = bagian yang didefinisikan
– Definiens      = bagian yang mendefinisikan

Contoh :
a. Kiper adalah pemain bola yang bertugas menjaga gawang.
b. Selat ialah lautan sempit yang terletak diantara dua pulau.
c. SMK adalah lembaga pendidikan di bidang kejuruan.

C) DEFINISI OPERASIONAL
Definisi ini kita perlukan jika kita mengadakan penelitian sehubungan dengan hal – hal yang tidak dapat diamati atau diukur secara langsung.

Misal : anda ingin mengetahui apakah mutu makanan mempengaruhi pertumbuhan ikan.
Untuk membahasnya perlu kita ketahui atau dijelaskan apa mutu makanan dan apa arti pertumbuhan ikan.

Contoh :
a. Kepadatan penduduk ialah jumlah rata – rata penduduk per kilometer persegi.
b. Daya angkut mobil sampah ialah jumlah sampah dalam meter kubik yang dapat dimuatkan ada bak mobil.

D) DEFINISI LUAS
Definisi ini merupakan uraian panjang lebar, bisa satu paragraph, satu bab, atau bisa meliputi seluruh karangan. Definisi ini diperlukan bila kita berhadapan dengan suatu konsep yang amat rumit, yang tidak bisa dijelaskan dengan kalimat yang pendek.

Contoh :
Manusia selain memerlukan makanan, air, dan vitamin, juga memerlukan bermacam – macam mineral.

Apakah mineral itu? Mineral ialah unsur – unsur zat yang terdapat di dalam tanah. Zat – zat ini berwujud sebagai pesenyawaan kimia yang disebut garam. Kira – kira empat persen dari tubuh manusia terdiri dari bermacam – macam mineral, yaitu kalsium, tembaga, dan yodium. Unsur yang terbanyak adalah kalsium dan fosfor, yaitu antara 2,3 dan 3,4 persen dari ubuh atau antara 57 dan 85 persen dari seluruh mineral yang ada di dalam tubuh.

4). Cari Paragraf Deduktif dan Paragraf Induktif !

Jawab :

Kalimat Deduktif adalah kalimat utama berada di awal paragraf.

Contoh : Kecelakaan berbagai jenis peralatan utama sistem persenjataan milik TNI masih sering terjadi. Sepanjang tahun 2010 saja, tercatat sudah 76 anggota TNI tewas dalam berbagai kecelakaan. Korban jiwa tak hanya jatuh dari pihak TNI, namun rakyat sipil pun kadang juga turut menjadi korban. Kondisi seperti ini dikhawatirkan akan semakin menjatuhkan moral prajurit TNI.

Kalimat Induktif adalah paragraf yang memiliki gagasan utama, atau inti pokok permasalahannya terletak pada akhir paragraph.

Contoh : Pada waktu anak didik memasuki pendidikan formal, pendidikan bahasa Indonesia secara metodologis dan sistematis bukanlah merupakan halangan baginya untuk memperluas dan memantapkan bahasa daerah. SEtelah anak didik meninggalkan kelas, ia kembali mempergunakan bahasa daerah dengan teman-temannya atau orang tuanya. ia merasa lebih intim dengan bahasa daerah. jam sekolah hanya berlangsung selama beberapa jam. Baik waktu istirahat ataupun diantara jam-jam pelajaran, unsur-unsur bahasa daerah tetap digunakan. Ditambah lagi jika sekolah itu bersifat homogen dan gurunya penutur  asli bahasa daeah itu. Faktor-faktor inilah yang menyebabkan pengetahuan si anak terhadap bahasa daerahnya akan tetap maju

5). Cari dan Temukan paragraf atau wacana Campuran : Deskripsi, Narasi, Argumentasi baik yang Deduktif maupun yang Induktif !

Jawab :

Narasi adalah jenis karangan yang isinya mengisahkan kehidupan seseorang. Oleh karena ituparagraf narasi adalah paragraf yang isinya mengisahkan kehidupan seseorang.

Contoh : Erwin adalah pekerja anak yang sehari-hari mengangkat pasir dari dasar Sungai Indanagawo di Gunung Sitoli, Pulau Nias, Sumatera Utara. Pekerjaan itu ia lakukan setiap usai pulang sekolah hingga sore hari. Dari pekerjaannya sebagai penambang pasir sungai tersebut, untuk satu kendaraan angkutan jenis Colt yang bisa ia isi penuh dengan pasir, Erwin mendapat bayaran hingga Rp 40.000,00. Hasil dari usahanya itulah yang membiayai pendidikannya, selain untuk ikut meringankan beban orang tuanya. (“Khazanah”, dalam Kompas, 6 Desember 2005)

Deskripsi adalah paragraf yang isinya menggambarkan keadaan sesuatu atau suasana tertentu, atau yang isinya membeberkan hal orang, benda, keadaan, sifat, atau keadaan tertentu.

Contoh : Mau tahu isi terowongan itu? Kalau kita masuk sekitar 30 meter ke depan, suasananya memang sangat gelap. Namun, di bawah atau di lantai yang kita pijak terdapat lampu petunjuk jalan. Setelah itu, kita bisa menjumpai lantai kaca yang di dalamnya hidup berbagai macam ular. Ada juga tembok kaca yang di dalamnya berisi berbagai macam binatang. (“Primata Tersisa di Schmutzer”, dalam Suara Merdeka, 10 September 2006)

Argumentasi adalah paragraf yang isinya meyakinkan pembaca dengan mengemukakan bukti-bukti konkret atau fakta-fakta yang konkret.

Contoh : Faktor genetik atau keturunan sangat mempengaruhi munculnya asma. Penelitian asma pada orang kembar menunjukkan kejadian asma pada orang kembar satu telur lebih tinggi daripada kembar dua telur. Tetapi, anak kembar dari satu telur tidak selalu keduanya menderita asma. Hal ini membuktikan bahwa faktor genetik atau keturunan merupakan faktor yang memudahkan munculnya asma. Namun, faktor lingkungan menentukan kapan dimulainya penyakit bermanifestasi klinis. (“Mengapa Terjadi Asma”, dalam Suara Merdeka, 10 September 2006)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

BAHASA INDONESIA 2Di Susun Oleh     :Citra Quintiara Indah

BAHASA INDONESIA 2

Di Susun Oleh     :

  • Citra Quintiara Indah (11110616)
  • Ferry Arriyadi (12110754)
  • Siti Sarah Amaliani (16110619)

Kelas                    : 3KA08

Tugas Bahasa Indonesia 2 # (Tugas Ke-2)

 

  1. Baca literatur tentang kalimat efektif dan kesejajaran kata dalam kalimat (literatur bebas dan harus dicantumkan dalam daftar referensi). Cari data melalui majalah dan surat kabar masing-masing sebanyak 5 kalimat. Pilih kalimat yang tidak memperhatikan unsure kesejajaran bentuk kata dalam sebuah kalimat! Ubahlah kalimat tersebut sehingga menjadi kalimat efektif dengan memperhatikan kesejajaran bentuk kata-katanya.

 

  • Ø Kalimatnon-Efektif
    • Revitalisasi terminal dibiayai pihak ketiga dan sebagai kompensasinya Pemerintah Kota Bogor menyerahkan sebagian lahan di Terminal Baranangsiang untuk area komersial yang mereka kelola. (Warta Kota, 3 Mei 2013, Hotel di Terminal diprotes)
    • Sejumlah warga, memang terpaksa mengungsi karena jika banjir tiba, akses air bersih maupun listrik sulit diperoleh.  (Warta Kota, 3 Mei 2013, Terpaksa evakuasi ibunya).
    • Kopaja berniat menambah Kopaja dengan tarif Rp 5.000 ini namun disesuaikan dengan kondisi keuangan koperasi dan kemampuan pinjaman ke perbankan. (Warta Kota, 3 Mei 2013, Kopaja AC 602 segera beroperasi).
    • Sehari menjejakan kaki di Jakarta, Sophie langsung diundang menjadi bintang tamu berbagai talkshow. (Koran Nyata, 3 Oktober 2011, Sophia Latjuba).
    • Selain karena uang, di dalam kontrak jelas disebutkan bahwa aku boleh menghapustatto tersebut. (Koran Nyata, 3 Oktober 2011, Kisah).

 

  • Ø Kesejajaran Kata dalam Kalimat
    • Revitalisasi terminal ini dibiayai pihak ketiga dan sebagai kompensasinya sebagian lahan di Terminal Baranang siang diserahkan oleh Pemerintah Kota Bogor untuk area komersial yang mereka kelola. (Warta Kota, 3 Mei 2013, Hotel di Terminal diprotes).
    • Sejumlah warga, memang terpaksa mengungsi karena jika banjir tiba, sulit memperoleh akses air bersih maupun listrik. (Warta Kota, 3 Mei 2013, Terpaksa evakuasi ibunya).
    • Kopaja berniat menambaharmada dengan tarif Rp 5.000 ini namun menyesuaikan dengan kondisi keuangan koperasi dan kemampuan pinjaman ke perbankan. (Warta Kota, 3 Mei 2013, Kopaja AC 602 segera beroperasi).
    • Sehari menjejakan kaki di Jakarta, berbagai talkshow langsung mengundang Sophie menjadi bintang tamu. (Koran Nyata, 3 Oktober 2011, Sophia Latjuba).
    • Selain karena uang, di dalam kontrak jelas disebutkan bahwa tatto tersebut boleh dihapus. (Koran Nyata, 3 Oktober 2011, Kisah).

 

 

 

  1. Carilah masing-masing 3 kalimat yang mengutamakan bagian kalimat yang berupa keterangan tempat dan keterangan waktu. Tuliskan sumber kutipannya.

 

  • Ø Keterangan Tempat
    • Semuanya berawal dari celoteh Irfan hakim dan Asti Ananta, dua pembawa cara (MC) Gema Ramadan SCTV yang digelar di Bekasi, Jawa Barat (Koran Nyata, 3 Oktober 2011, Syahrini)
    • Steven dirawat di Rumah Sakit Mitra Keluarga Darmo Satelit Surabaya (Koran Nyata, 4 April 2013, Ratu Downhil – Lion Air)
    • Acara Red Carpet Gala Premiere film Java HeatdiEpicentrum, Kuningan, Jakarta begitu meriah (Koran Nyata, 4 April 2013, Gala Premiere Java Heat)

 

  • Ø Keterangan waktu
    • Untuk kepentingan yang sama, Ario juga diberangkatkan ke Amerika dengan rekan satu manejemnnya, Joe Taslim, mulai 19 April hingga 1 Mei (Koran Nyata, 4 April 2013, Ario Bayu)
    • Sekitar 10-15 menit berenang, akhirnya mereka bisa mencapai landasan (Koran Nyata, 4 April 2013, Ratu Downhil – Lion Air)
    • Pesawat baru datang sekitar Pukul 12.30 WIB (Koran Nyata, 4 April 2013, Ratu Downhil – Lion Air)

 

 

 

 

 

 

  1. Carimasing-masing 3 kalimat yang menunjukkanurutanperistiwa yang logis, dan 3 kalimat yang menunjukkanpenegasandengancaramengulang kata yang dianggappenting. Tulissumberkutipannya.

 

  • Ø Kelogisan
    • Orang tua pasti tidak menginginkan anak mengalami kendala selama di perjalanan, seperti mabuk kendaraan, terutama ketika harus menempuh perjalanan jauh dan lama. (Kompas, 24 Februari 2013, Klasika).
    • Satu hal yang terpikir adalah melawan, setelah itu berteriak sekeras mungkin. (Koran Nyata, 3 Oktober 2011, Kisah Manca).
    • Sejak kecil Arifin Putra cukup mengalami suka duka dalam hidupnya. (Koran Nyata, 3 Oktober 2011, Kisah)

 

  • Ø Penegasan
    • Presiden mengharapkan agar rakyat membangun bangsa dan negara ini dengan kemampuan yang ada pada dirinya. (Kompas, 24 Februari 2013, Politik).
    • Nurmala berurai air mata pada saat orang bergembira ria. (Kompas, 11 Mei 2010, Cerpen)
    • Mencari pekerjaan dijakarta tidak semudah yang kamu banyangkan apalagi kalau kami tidak punya koneksi.

 

 

 

 

 

 

 

  1. Carilah 5 kalimat yang di dalamnyaterdapatpengulangansubjekkalimat yang tidakdiperlukan. Salinkalimatitudantuliskansumbernya.

 

  • Ø Pengulangan Subyek
    • Ketika dia membuka pintu mobil, tiba-tiba dia ditodong oleh perampok. (Koran Nyata, 3 Oktober 2011, Kisah Manca).
    • Saya suka kecantikan mereka, saya suka akan kelembutan mereka. (Koran Nyata, 3 Oktober 2011, Kisah).
    • Dia datang membawa bakul nasi, lalu diameletakannya di atas meja makan. (Kompas, 11 Mei 2010, Cerpen).
    • Doni menduga-duga apa isi surat itu, apakah ini dari Siska, pacar Doni yang dia putuskan sebulan lalu? (Majalah Nova, 20 Juni 2011, Cerpenku).
    • Karena ia tidak diundang, dia tidak datang ke tempat itu. (Kompas, 11 Mei 2010, Cerpen).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Cari kalimat-kalimat dengan variasi pembukaan:
  2. Frase keterangan tempat
  3. Frase keterangan waktu
  4. Frase keterangan cara
  5. Frase verbum
  6. Partikel penghubung

 

  1. a.     Frase keterangan tempat
  • Di Mobil menuju ke Denpasar kulihat Aji hanya diam. Tapi aku tetap tidak menemukan kesusahan atau penderitaan dimatanya. (Koran Nyata, 3 Oktober 2011, Tiga Perempuan)
  • Di Masjid Baitussalam, kawasan Komplek Permata Puri Laguna, Cibubur, Depok, sang ustadz tampak penuh semangat menjalani syuting (Koran Nyata, 3 Oktober 2011, Ustadz Solmed)
  • Di Jakarta kemana-mana sesuka hati (Koran Nyata, 3 Oktober 2011, Sophia Latjuba)

 

  1. b.     Frase keterangan Waktu
  • Jam tiga pagi, kudengar tangisan yang menyayat hati (Koran Nyata, 3 Oktober 2011, Tiga Perempuan)
  • Jam 10 pagi, akan digelar sidang pertama gugatan cerai Lydia Kandou dengan materi mediasi (Koran Nyata, 4 April 2013, Lydia Kandou)
  • Sepuluh Menit kemudian, Lydia keluar ruangan dan berjalan menuju ruangan dan berjalan menuju ruang arsip perdata (Koran Nyata, 4 April 2013, Lydia Kandou)

 

 

 

 

  1. c.      Frase keterangan Cara
  • Dari bisik-bisik teman-temannya yang datang ke upacara itu, adik tiriku menangkap suaminya sedang bersama seorang perempuan (Koran Nyata, 3 Oktober 2011, Tiga Perempuan)
  • Dering telepon di ruang tamu terdengar bertubi-tubi(Koran Nyata, 3 Oktober 2011, Tiga Perempuan)
  • Saat sengkeran dan siraman pengantin perempuan menggunakan ubet-ubet kain, dan kain tangkepan

 

  1. d.     Frase Verbum
  • Dengan seksama ia mendengarkan suara dari iphone-nya untuk mengetahui pesan suara yang masuk (Koran Nyata 4 April 2013, Andira Mahasiswi UI Tuna Netra)
  • Dengan mengikuti acara ini, saya dipaksa menurunkan level kegugupan saya (Koran Nyata, 4 April 2013, Lazaro Arbos)
  • Dengan dimasak, unsur organik buah dan sayur kembali ‘dimatikan’ menjadi an-organik, seperti di dalam tanah. (Koran Nyata, 3 Oktober 2011, Konsultasi).
  1. e.      Partikel Penghubung
  • Jadi, saya harus sediakan waktu untuk belajar, mengisi otak saya dengan pengetahuan baru, memeprdalam kemampuan akting saya, serta menyegarkan pikiran (Koran Nyata, 3 Oktober 2011, Jeong il woo)
  • Tapi, jangan bayangkan malaikat mautnya sama seperti dalam film-film klasik yang seram (Koran Nyata, 3 Oktober 2011, Jeong il woo)
  • Namun April bersyukur, sekalipun segera menikah, dirinya tetap berhubungan baik dengan mantan (Koran Nyata, 3 Oktober 2011, April Jasmine)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s