Perancangan Sistem Informasi

PERANCANGAN : suatu kegiatan di dalam menciptakan suatu kondisi baru / solusi yang didasari atas evaluasi dari konsepsi yang serasi serta bentuk permasalahan atau kasus yang ada. SISTEM : seperangkat unsur-unsur yang terdiri dari manusia, mesin /alat & prosedur serta konsepsi yang dihimpun menjadi satu untuk maksud & tujuan tertentu atau bersama. INFORMASI : data yang sudah diolah & diklasifikasikan serta di-interpretasikan yang nantinya digunakan untuk proses pengambilan keputusan.

 Semester 5 kemarin, saya mendapat matakuliah IMK (Interaksi Manusia dan Komputer) lalu saya mendapatkan tugas untuk membuat sebuah website e-learning. Tugas itu merupakan tugas kelompok. Lalu, saya menentukan konsep dan judul dari website e-learning yang akan dibuat untuk kemlompok saya. Kelompok saya memutuskan untuk membuat website e-learning tentang Ujian Nasional tingkat Sekolah Dasar dengan menggunakan Moodle. Untuk mendownload dan menginstall moodle membutuhkan waktu yang cukup lama dan rumit. Tapi, karena waktu yang diberikan dosen cukup lama  kami terus mencoba hingga akhirnya moodle  pun selesai terinstall. Menggunakan moodle sebenarnya tidak cukup mudah tidak cukup sulit, karena sudah tersedia beberapa menu atau pilihan untuk mengatur website menjadi sebuah website yang kita inginkan, Apalagi saya juga sudah mendownload step-step untuk menggunakan moodle. Banyak langkah yang kami lakukan, melakukan installasi, lalu kami melanjutkan dengan konfigurasi sebelum moodle bisa digunakan sebagai media e-learning. Mulai dari pengaturan tema, isi dari website, apa yang ingin kita berikan untuk memenuhi dan menghiasi website e-learning. Kami mengatur posisi untuk logo “Tut Wuri Handayani”, memasukkan beberapa modul mata pelajaran sebagai sumber belajar, memasukkan beberapa contoh soal untuk berlatih menghadapi Ujian Nasional. Kami juga mengatur beberapa macam aktivitas dalam website tersebut, seperti menentukan guru dan memasukkan murid ke dalam kursus. Butuh waktu lumayan lama untuk memasukkan soal, mungkin karena kita memutuskan untuk memasukkan soal berupa pilihan ganda. Sebenarnya, ada beberapa pilihan untuk membuat soal seperti pilihan ganda, essay dan lain-lain, Tapi kelompok saya sepakat untuk memasukan soal pilihan ganda saja.

Jadi, menurut saya kendala nya adalah pada proses instalasi yang cukup rumit dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Dan mungkin untuk langkah selanjutnya, kami hanya perlu mengganti pengaturan yang telah tersedia untuk menjadikan sebuah website e-learning sesuai dengan konsep awal yang kami inginkan. Hasilnya, cukup bagus dan memuaskan. Terima kasih kerjasamanya untuk kelompok saya yang sudah sama-sama mengerjakan website e-learning dengan menggunakan moodle .

 

itulah pengalaman saya, Terimakasih : ))

Leave a Reply

